Kamis, 03 Agustus 2017

Leadership :Lima Level Kepemimpinan (Part 2)

Leadership atau kepemimpinan merupakan sebuah proses, namun kebanyakan orang hanya melihatnya sebagai posisi. Kepemimpinan sebagai proses diartikan bahwa memimpin dengan melakukan sebuah kegiatan yang sistematis dan terencana. Kepemimpinan sebegai posisi melihat bahwa kepemimpinan merupakan sebuah 'tempat'. Apabila seseorang duduk pada "tempat" itu, maka dapat dikatakan ia sebagai pemimpin.
Menurut John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul Leadership is Influence membagi kepemimpin dalam lima tingkatan  (level) yakni
  • Tingkat pertama (position): Tingkat kepemimpinan yang paling bawah. Pada tingkat ini, seseorang mengikuti dan mengakui anda sebagai pemimpin di karenakan posisi yang anda tempati.
  • Tingkat kedua (permission) : Pada tingkat kedua dari kepemimpinan, anda akan diikuti oleh seseorang karena dia ingin untuk mengikuti anda.
  • Tingkat ketiga (production) : Pada tingkat ini, seseorang akan mengikuti anda karena apa yang telah anda kerjakan untuk perusahaan atau organisasi anda. Dengan kata lain, anda akan di ikuti berdasarkan pada kontribusi anda untuk perusahaan atau organisasi.
  • Tingkat keempat (people development): di tingkat ini, anda akan diikuti karena anda telah membangun  kepribadian seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Biasanya seseorang dengan tingkat kepemimpinan seperti ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi yg positif kepada bawahannya.
  • Tingkat kelima (pinnacle) ; seseorang mengikuti anda atas siapa diri anda dan peran apa yang anda mainkan. Kepemimpinan pada tingkat ini membutuh kemampuan tinggi untuk menyatukan seni kepemimpinan dan manajemen.

Seseorang pemimpin dari tingkat satu dapat meningkatkan levelnya seiring dengan tingkat kemampuannya dalam proses memimpin dan proses manajemennya secara bersamaan. 
Kelima tingkatan ini saling berhubungan. Terdapat 10 penjelasan mengenai bagaimana hubungan tersebut terjadi yakni:


1. Anda dapat meningkatkan level anda, tetapi anda tidak pernah meninggalkan level sebelumnya.
2. Level anda tidak sama dengan level setiap orang
3. Semakin tinggi level anda, semakin mudah anda memimpin
4. Semakin tinggi level anda, waktu dan komitmen juga harus semakin tinggi.
5.  Meningkatkan level anda berjalan sangat lambat, sementara turunnya level anda terjadi sangat cepat.
6. Semakin tinggi level anda, pendapatan anda semakin tinggi pula.
7. Semakin jauh anda meningkatkan level, juga membutuhkan peningkatan kemampuan tumbuh pesat.
8. Jangan memanjat batasan level anda dan level bawahan anda.
9. Ketika anda berganti posisi atau organisasi, level anda jarang tetap berada pada level yang sama.
10. Anda tidak dapat naik level sendirian.

N.B Nantikan penjelasan  5 level kepemimpinan lebih detail di artikel selanjutnya (Disadur dan ditermahkan dari buku John C Maxwell yang berjudul  Leadership is Influence)

0 komentar:

Posting Komentar